Kenali, Cegah dan Kendalikan Hipertensi Sedini Mungkin…!!!





DARAH TINGGI
(HIPERTENSI)
 

Apa yang dimaksud dengan hipertensi itu ?

Hipertensi adalah tekanan darah sistolik (batas atas) yang lebih besar atau sama dengan 140 mmHg atau peningkatan tekanan darah diastolic (batas bawah) yanglebih besar atau sama dengan 90 mmHg.

 

Hipertensi dibagi dua:

PRIMER

SEKUNDER

Dapat disebabkan oleh penyakit ginjal, endokrin, faktor kehamilan, penyakit saraf dan obat-obatan.

 

P E N Y E B A B

Sekitar 90 % penderita hipertensi tidak diketahui penyebabnya, disebut sebagai hipertensi esensial atau hipertensi primer.

Sekitar 5-10% penderita hipertensi berhubungan dengan penyakit ginjal.

1-2% berhubungan dengan kelainan hormonal atau pemakaian obat tertentu (misalnya pil KB). Sedangkan sisanya disebabkan oleh berbagai faktor lain.

Kegemukan (obesitas)

gaya hidup yang tidak aktif (malas olah raga)

alkohol atau garam (yg asin banget) dalam makanan.

Stress cenderung menyebabkan kenaikan tekanan darah untuk sementara waktu, jika stress berlalu, tekanan darah biasanya akan normal kembali.

 

Tanda-tanda resiko terjadinya hipertensi:

Sering sakit kepala bagian belakang terutama sewaktu bangun tidur pagi hari atau kapan saja terutama saat mengalami ketegangan.

Dada berdebar-debar dan terasa berat,serta sesak saat melakukan aktifitas.

Susah tidur, migraine (sakit kepala sebelah), dan mudah tersinggung.

Pemakaian obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang lama (kortikosteroid, analgesik, dan antiinflamasi, serta obat flu yang mengandung kafein atau pseudoefedrin.

Faktor resiko penyakit kardiovaskuler ataupun kebiasaan buruk (merokok,stress, dll).

 

Pencegahan

Olah raga teratur

Kurangi merokok dan usahakan untuk tidak mengkonsumsinya kembali.

Makan makanan 4sehat 5sempurna

Cukup tidur ±6 jam sehari.

Kurangi makanan tinggi garam dankaya lemak.

Kurangi stress dan usahakan selaluuntuk berbagi masalah dengan kerabatdekat agar terhindar dari stress yang berkepanjangan.

Kontrol secara rutin ke Puskesmas ataudokter terdekat.

 

JIKA BERAT DAN ATAU TIDAK DIOBATI …

… maka dapat timbul gejala-gejala sebgai berikut: Sakit kepala, Kelelahan, Mual, Muntah.

Perlu dipahami bahwa hipertensi beresiko terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya: stroke, gagal jantung, penyakit jantung koroner, gagal ginjal, gangguan saraf mata.

Oleh karena itu sebaiknya hipertensi diobati sehingga tekanan darah dapat dikendalikan dalam batas normal. dan hipertensi esensial umumnya berlangsung semur hidup agar tidak terjadi penyakit seperti di atas.

 

P E N G O B A T A N

Banyak cara untuk mengobati hipertensi. Tentu penyebabnya diatasi dulu jika penyebabnya diketahui. Namun untuk hipertensi esensial biasanya dilakukan perubahan gaya hidup selain obat-obat anti hipertensi, yakni:

DIET. Upayakan konsumsi makanan yang berserat tinggi, rendah garam *bukan gak boleh lho*, dan jumlah kalori sesuai kebutuhan. Hindari alkohol dan gula yang berlebihan karena dapat menaikkan tekanan darah.

MENURUNKAN BERAT BADAN. Tentu dengan olahraga dan membatasi makanan (terutama karbohidrat) … *seseorang cerita bahwa dia makan dikit, eh gak taunya ngemil rajin banget*

OLAH RAGA AEROBIK. Bila tekanan darah udah normal, sebaiknya olah raga teratur setidaknya 3x seminggu yang bersifat aerobik (misalnya jalan kaki sekitar 4-5 km, bersepeda dll…*sekali lagi, sibuk di dapur, cucian, nyapu rumah dan halaman, wira-wiri saat kerja bukan olahraga yang bersifat aerobik*)

OBAT-OBATAN. Bila semua upaya di atas tidak berhasil, sebaiknya ke dokter agar dapat diberikan obat yang sesuai dengan kebutuhan penderita.

 

Komentar