APA YANG ANDA KETAHUI TENTANG AMOKSISILIN?

Kawan-kawan Farmasi ada lagi sumber pengetahuan tentang amoksisilin atau amoxixilin nigh . apa yang anda ketahui tentang amoksisilin atau amoxixilin ? . Mau tau lebih banyak ? mari kita langsung membahasnya .

Amoksisilin merupakan salah satu jenis antibiotik golongan penisilin. Nama amoksisilin ini merupakan nama generik atau dalam bahasa kefarmasian disebut non proprietary name (bukan nama dagang). Secara kimia amoksisilin memiliki inti asam 6 beta aminopenisilin dengan cara kerja menginaktifkan enzim beta laktamase pada bakteri, wah apotik mania apa ini ?? jangan bingung, yang penting bagi apotik mania adalah sebenarnya amoksisilin ini bisa digunakan untuk mengobati apa saja ya…

Berikut diantaranya yaitu untuk infeksi bakteri Streptococcus sp, S. pneumonia, Staphylococcus sp atau Haemophilus influenza pada telinga, hidung, tenggorokan. Selain itu amoksisilin juga bisa digunakan untuk mengobati infeksi pada saluran kelamin dan kencing karena bakteri E. Coli, P. mirabilis dan Enterococcus faecalis. Kemudian infeksi pada kulit, saluran nafas bawah serta penyakit gonorrhea. Jadi apotik mania cukup banyak juga khasiat amoksisilin.

Nah setelah tahu khasiatnya sekarang kalau kita mau mengkonsumsi amoksisilin bagaimana caranya ? Apotik mania, amoksisilin dapat diminum dengan atau tanpa makanan, sekarang ini juga bisa digunakan dengan suntikan. Tetapi hati-hati untuk penggunaan suntikan amoksisilin ini dengan obat antiperdarahan bisa menyebabkan peningkatan resiko perdarahan.

Kemudian amoksisilin juga perlu dihindari untuk apotik mania yang hipersensitiv (alergi) terhadap amoksisilin karena bisa mengakibatkan efek ruam kulit sampai shock (dikenal dengan shock anafilaksis).

Apotik mania, terakhir kita membahas dosis amoksisilin, untuk infeksi ringan/sedang pada telinga, hidung, tenggorokan, kulit dan saluran kelamin/kencing amoksisilin memiliki dosis dewasa atau anak ≥ 40 kg adalah 500 mg tiap 12 jam atau 250 mg tiap 8 jam sedangkan anak > 3 bulan dan < 40 kg dosisnya 25/mg/kg/hari tiap 12 jam atau 40 mg/kg/hari tiap 8 jam.

Kalau yang sudah familiar di masyarakat dosis amoksisilin dewasa adalah tablet amoksisilin 500 mg diminum 3 x sehari 1 tablet selama 3-5 hari dihabiskan, anak-anak ada yang tablet amoksisilin 250 mg diminum 3 x sehari 1 tablet selama 3-5 hari dihabiskan atau amoksisilin syrup diminum 3 x sehari ½ atau ¾ atau 1 sendok makan/teh selama maksimal 7 hari. Kemudian ada juga amoksisilin dalam kemasan drop atau tetes yang bisa digunakan untuk bayi.

Nah apotik mania, sudah jelas belum ? makanya kalau minum amoksisilin jangan tanpa resep dokter atau tanpa nasihat dari tenaga farmasi/kesehatan karena ada aturan minumnya dan ada efek-efek yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat…

by.
apotik sehat

Komentar